Apa Itu Perusahaan Multinasional?

Posted on

Apa Itu Perusahaan Multinasionalseojurnal.com – Sebuah perusahaan di seluruh dunia (MNC) adalah salah satu yang memiliki operasi bisnis di dua atau lebih negara. Perusahaan-perusahaan ini sering diawasi dan memiliki kantor pusat di negara asal mereka dengan kantor di seluruh dunia.

Ada berbagai jenis perusahaan di seluruh dunia berdasarkan struktur perusahaan mereka. Mereka secara teratur bekerja sebagai perusahaan induk dengan cabang asing yang terpisah.

MNC cukup besar dapat mempengaruhi perekonomian negara manapun di mana mereka bekerja. Mereka membuat pekerjaan dan berkontribusi pada basis biaya lingkungan.

Meskipun demikian, mereka secara teratur menghadapi kritik baik di dalam maupun di luar negeri karena merasakan dampak finansial yang pesimis.

Apa itu perusahaan multinasional?

Untuk dianggap sebagai kemitraan di seluruh dunia, yang juga dikenal sebagai organisasi global atau perusahaan global, suatu perusahaan harus menyimpulkan sekitar 25% dari pendapatannya dari operasi di luar negara asalnya.

Banyak perusahaan di seluruh dunia melakukan outsourcing perakitan dan bekerja untuk mendorong ekonomi, mengeksploitasi tingkat biaya perusahaan yang rendah atau menarik produk lebih dekat ke pasar baru yang makmur.

Bagaimana Perusahaan Multinasional Bekerja

Selain kantor pusat utama di negara asal mereka, perusahaan di seluruh dunia melakukan investasi langsung di negara-negara yang jauh dengan mendirikan operasi di sana.

Beberapa perusahaan di seluruh dunia mungkin hanya hadir di negara lain, sementara yang lain memiliki anak perusahaan di seluruh dunia.

MNC tidak terbatas hanya di AS: berbagai perusahaan yang berbasis di negara lain juga dianggap sebagai MCS, termasuk Toyota, BP, dan Volkswagen.

Tipe dari perusahaan multinasional

Korporasi global dapat dikoordinasikan oleh berbagai tujuan, fase pengembangan, dan gaya eksekutif.

Divisi Internasional

Sebuah organisasi yang memisahkan operasi di seluruh dunia dari yang Domestik mungkin memiliki “divisi global” yang menangani semua operasi di pasar asing.

Hal ini mungkin memungkinkan manajer dengan pemahaman pasar di seluruh dunia lebih menonjol kemandirian produksi keputusan tetapi juga dapat menyebabkan masalah dengan kohesi perusahaan atau arah perusahaan.

Perusahaan Desentralisasi

Organisasi global ini mempertahankan kehadiran yang kuat di negara asalnya tetapi tanpa kantor pusat. Sebaliknya, organisasi memiliki banyak lokasi, baik di dalam maupun di luar negeri, yang masing-masing memiliki struktur administrasi sendiri.

Desain ini memungkinkan organisasi berkembang pesat, tanpa formalitas semua yang melewati kantor pusat.

Perusahaan Global Terpusat

Sebuah organisasi di seluruh dunia yang disatukan memiliki kantor pusat utamanya di negara asalnya. Markas besar ini logis di mana CEO dan pembuat keputusan lainnya ditemukan.

Sebuah organisasi di seluruh dunia menangani operasi domestik dan global dalam hal dewan dan pengambilan keputusan yang sama; lokasi di tempat lain mungkin mengharapkan dukungan lebih awal dari kantor pusat untuk keputusan eksekutif.

Perusahaan Transnasional

Kemitraan transnasional digambarkan oleh hubungan orang tua-anak di mana organisasi induk mengarahkan operasi perusahaan dari anak perusahaan atau organisasi. Struktur kepemimpinan cenderung bersatu tetapi mungkin juga terdesentralisasi atau kurang formalitas.

Perusahaan multinasional vs korporasi domestik

Sementara organisasi di seluruh dunia disatukan dengan kehadiran fisik di dua atau lebih negara, organisasi domestik hanya beroperasi di satu negara.

Perusahaan-perusahaan ini mungkin masih mengimpor pasokan atau menjual produk mereka secara global, tetapi mereka tidak memiliki kantor korporat atau eksekutif yang berlokasi di negara lain.

Perusahaan Multinasional

  • Kehadiran fisik di banyak negara
  • Lebih rumit model bisnis
  • Apakah bisnis dalam berbagai bahasa
  • Subyek untuk pelaporan keuangan internasional standar (IFR)
  • Kemampuan untuk outsource ke pasar asing untuk lebih menguntungkan Biaya Tenaga Kerja dan perpajakan
  • Sering dikritik untuk outsourcing pekerjaan dan untuk dampak negatif pada negara di mana mereka melakukan bisnis

Perusahaan Domestik

  • Kehadiran fisik di satu negara.
  • Model bisnis sederhana
  • Apakah bisnis terutama dalam satu bahasa
  • Subjek biasanya menerima prinsip Akunting (GAAP)
  • Biaya kerja dan pajak negara asalnya
  • Mungkin dirayakan karena memelihara pekerjaan di negara rumah mereka

Pro

  • Efisiensi
  • Pembuatan tugas
  • Keuntungan pajak

Kontra

  • Subyek dengan beberapa hukum akuntansi
  • Kehilangan pekerjaan di negara rumah
  • Monopolization

Sudah Dijelaskan

  • Ketimbang memproduksi produk di satu negara dan mengirimkannya secara internasional, perusahaan multinasional dapat memproduksi produk di mana pasar berada. Mereka juga dapat mengakses bahan lokal yang lebih murah dan tenaga kerja dan menghindari tarif yang mungkin dengan pengiriman internasional.
  • Pembuatan Job: perusahaan multinasional membuat pekerjaan di beberapa negara. Perusahaan ini memiliki manfaat kolam bakat yang lebih besar, sementara karyawan mungkin memiliki akses untuk membayar lebih baik daripada tawaran perusahaan lokal.
  • Manfaat pajak: perusahaan-perusahaan multinasional dapat membangun anak perusahaan di negara-negara dengan harga pajak yang lebih menguntungkan daripada negara rumah mereka dan mengambil keuntungan dari tarif pajak yang berbeda ketika harga pajak.

Kontra Menjelaskan

  • Subjek kepada beberapa pajak dan hukum akunting: Perusahaan multinasional akan dikenakan lebih banyak Standar Akuntansi dan standar pajak, karena setiap anak harus mengikuti hukum negara di mana hal itu melakukan bisnis.
  • Kerugian pekerjaan di negara asalnya: perusahaan multinasional sering menghadapi kritik karena mengambil pekerjaan di luar negeri. Mereka dapat menghilangkan pekerjaan di negara mereka demi tenaga kerja lebih murah di tempat lain.
  • Monopolisasi: dengan membangun lokasi fisik di negara-negara lain, perusahaan multinasional bersaing dengan bisnis lokal yang lebih kecil dan mungkin akhirnya menempatkan banyak keluar dari bisnis.

Apa Perusahaan Multinasional Harus Melakukan Dengan Investor Individu

Seperti yang ditunjukkan oleh Komisi Sekuritas dan Perdagangan, berinvestasi di perusahaan global adalah cara bagi investor AS untuk mendiversifikasi portofolio investasi mereka dan mendapatkan eksposur di seluruh dunia tanpa berinvestasi langsung di saham asing.

Beberapa investor mungkin tidak memahami bahwa mereka memiliki eksposur di seluruh dunia jika mereka berinvestasi di perusahaan multinasional ternama seperti Nesle atau Coca-Cola.

Leave a Reply

Your email address will not be published.