Cara Menyetel Karburator Dengan Benar Dan Baik

Posted on

seojurnal.com – Dalam menjalankan mesin, karburator merupakan gadget penting. Karena perangkat yang satu ini memiliki kapasitas, khususnya memblender menjadi angin yang nantinya akan masuk ke bensin. Sementara itu, untuk menyetel karburator juga tidak boleh sembarangan. Karena ada beberapa hal yang menyebabkan Anda perlu memahami cara menyetel karburator yang tepat dan akurat agar tidak terjadi masalah saat digunakan.

Cara Menyetel Karburator

Sebenarnya cara menyetel karburator ini sangat mudah, bisa tanpa bantuan orang lain tanpa bantuan orang lain atau pergi ke bengkel mekanik yang hanya akan menguras kantong.

Untuk mengaturnya juga tidak memerlukan perangkat keras khusus, lho. Anda hanya membutuhkan alat sederhana seperti obeng dan tang. Kita harus mencari tahu cara-cara berikut:

Siapkan perlengkapan yang diperlukan
Langkah pertama sebelum menyetel karburator adalah menyiapkan alat yang diperlukan seperti obeng. Untuk memutar sekrup, obeng yang digunakan tipe min (-). Karburator memiliki dua coupler dengan fungsi yang berbeda. Sekrup pertama berfungsi untuk mengatur udara dan sekrup kedua untuk mengatur gas.

Memulai motor
Setelah persneling siap, bukan berarti Anda harus segera menyetel karburator, karena ingin menstarter motor terlebih dahulu. Pastikan motor berjalan sehingga Anda bisa mendapatkan pengaturan yang tepat. Ini juga penting untuk dilakukan agar Anda dapat melihat apakah mesin rusak parah atau biasa saja.

Memutar sekrup penyetel gas
Jika mesin gas terlalu dekat maka Anda cukup menyetelnya dengan memutar sekrup penyetel gas searah jarum jam atau ke kanan menggunakan obeng yang sudah diatur sebelumnya.

Hal ini agar kutub-kutub gas lebih terbuka dan tekanan RPM juga semakin tinggi sehingga akan tercipta gas yang pas.

Tutup sekrup penyetel gas
Usahakan untuk tidak meremehkan proses ini, karena berfungsi untuk mengatur ulir pengatur udara yang dapat menutup saluran yang tidak aktif dan selanjutnya bertujuan untuk menutup udara yang masuk ke motor.

Buka sekrup udara ke RPM tinggi
Saat menutup sekrup udara Anda ingin memastikan motor selalu berjalan. Jika motor berhenti sebelum saluran ditutup maka Anda perlu menghentikan sekrup angin dan membiarkan motor tiba pada RPM rendah.

Setelah itu anda bisa memutar skrup pada bearing yang terbuka, hal ini agar RPM bisa terus naik setelah udara ditutup.

Menurunkan pengaturan gas
Terlebih lagi, yang terakhir adalah menurunkan pengaturan gas untuk membuat tidak aktif yang paling ideal. Setelah setiap proses selesai, coba pengaturan dengan mengkhianati. Jika setting sudah benar maka di pisahkan dengan menghidupkan mesin hanya dalam sekali starter. Namun jika tidak, Anda ingin me-reset karburator untuk mendapatkan setting yang ideal.

Cara Membersihkan Karburator

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan karburator. Diantaranya adalah:

Menghilangkan Karburator dari Gunung
Untuk menghilangkan karburator dari dudukannya, dibutuhkan beberapa perlengkapan bengkel, salah satunya adalah kunci pas.

Buka Bagian Mangkuk dan Bersihkan
Buka mangkuk atau penutup karburator dan mulailah membersihkan.

Bagian Filter Udara Bersih
Saat membersihkan saluran udara, gunakan cairan khusus. Agar lebih mudah bersih, hilangkan dulu bagian ini.

Bersihkan Bagian Pilot Jet, Main Jet dan Needle Jet
Setelah Anda selesai membersihkan saluran udara, Anda dapat melanjutkan lagi ke bagian pilot stream, primary fly, dan needle fly.

Bersihkan Penyemprot
Bersihkan sprayer hanya dengan amplas halus untuk membersihkan tanah yang menempel.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.